KIAT SUKSES (Wawancara)

Kali ini, saya akan mempost wawancara dengan seorang narasumber yaitu Bapak Asep yang memimpin club motor BBR (Black Bumi Rider) dan pemilik bengkel di daerah sukabumi yang sekarang sudah memiliki beberapa cabang, kebetulan saya sendiri adalah anggota club motor beliau jadi tentunya lebih mudah melakukan wawancara, wawancara kali ini kebetulan bertema kiat sukses, karna saya selaku pewawancara sendiri ingin tahu bagaimana beliau bisa sukses dalam usaha perbengkelan dan accesoris, berikut adalah wawancaranya:


Wawancara terjadi tepat di bengkel beliau, didaerah cikembar sukabumi.

Saya         : Assalamualaikum pak?

Bp.Asep : Waalaikumsalam, eh kamu ayo silahkan masuk.

Saya         : begini pak, saya kebetulan ada perlu untuk tugas kuliah, jadi apa saya boleh mewawancarai bapak sebagai narasumbaer saya?

Bp.Asep : emm… boleh saja.

Saya         : Terimakasih Pak, bisa saya mulai ya. Bapak disini sebenarnya pribumi asli atau pindahan?

Bp.Asep : saya sebenarnya lahir di Jakarta, namun karna Ayah saya kebetulan orang sukabumi jadi saya besar disini.

Saya          : oh iya bapak sudah berapa lama tinggal disini?

Bp.Asep : saya tinggal disini kurang lebih semenjak saya SD.

Saya         : wah, sudah lama pak yah, sejak SD kelas berapa pak?

Bp.Asep : wah, saya lupa kelas berapanya.

Saya         : oh iya bapak menggeluti usaha bengkel sejek kapan?

Bp.Asep : waktu itu dari lulus SMA saya sudah membuka bengkel kecil-kecilan, yah sekedar servis dan tambal ban.

Saya         : lalu, usaha bapak maju sampai sekarang?

Bp.Asep : sebenarnya waktu itu saya beberapa kali bangkrut, karena kurangnya modal dll.

Saya         : terus apa yang bapak lakukan sampai bisa maju seperti ini?

Bp.Asep : saya coba ikut teman kerja keluar negeri, itung2 cari modal dan dalam waktu kurang lebih 5 tahun saya berhenti.

Saya         : oh… maaf pak kalu boleh tau bapak bekerja diluar negeri sebagai apa?

Bp.Asep : waktu itu saya jadi cabin crew di salah satu kapal pesiar perusahaan amerika, nama perusahaannya Holland America line.

Saya         : lalu kenapa bapak berhenti?

Bp.Asep : waktu saya tidak betah suasananya, bayangkan saja pulang 1tahun sekali lagipula saya sudah punya cukup modal.

Saya         : lalu setelah itu bapak melanjutkan kemana?

Bp.Asep : saya melanjutkan membuka usaha bengkel saya dan dengan cukup modal saya bisa memiliki pegawai dan tempat yang cukup besar.

Saya         : lalu usaha bapak bertahan sampai sekarang.

Bp.Asep : iya begitulah.

Saya         : pak, kalau boleh tau apa ada kiat atau saran agar kita bisa sukses?

Bp.Asep : sebsenarnya kunci sukses itu ada 3, yang pertama berdoa, yang kedua jujur dan yang ketiga jangan  putus asa.

Saya         : emm… sekarang bengkel bapak ada berapa cabang?

Bp.Asep : saya punya 3 cabang, semuanya di daerah sukabumi.

Saya         : lalu apa club motor ada pengaruhnya dengan usaha bengkel?

Bp.Asep : sebenarnya ada tapi tdak besar

Saya         : emm… iya terima kasih atas waktunya ya pak, semoga usaha bapak makin maju.

Bp.Asep : iya, sama-sama.

Demikian wawancara saya dengan Bapak Asep pemilik bengkel di daerah sukabumi dan dari wawancara diatas kita bisa menyimpulkan bahwa untuk dapat sukses harus dimulai dari diri sendiri, dan kunci sukses ternyata tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

                     

One Response to KIAT SUKSES (Wawancara)

  1. x furuhitho says:

    OK..SETIAP KITA DI HADAPKAN DENGAN PERISTIWA APAPUN, PANDANGLAH SEMUA ITU DAN TANGGAPILAH DENGAN PENUH KEYAKINAN KARENA ITU SEMUA TUHAN SEDANG BERKEHENDAK..

    FURUHITHO

Leave a Reply

